D'licious

Manfaat Coklat bagi Kesehatan

Chocolate

Salah satu bahan penting yang kami pergunakan dalam pembuatan Puding adalah Coklat/ chocolate, baik dark chocolate, white chocolate, maupun milk chocolate. Dalam bentuk asli seperti ini, coklat mempunyai beberapa manfaat yang baik sekali bagi kesehatan kita.  Selama ini banyak anggapan negatif tentang makanan yang satu ini, misalnya sebagai penyebab jerawat, bikin gemuk, bikin diabetes,  bikin gigi berlubang, dsb. Tetapi sebenarnya coklat ini baik sekali untuk kesehatan, asal tidak dikonsumsi secara berlebihan tentunya.

Berikut ini ada beberapa kandungan coklat dan manfaatnya bagi kesehatan kita (dari berbagai sumber) :
  •  Flavanoids, adalah antioksidan alami yang biasanya juga ada dalam kandungan teh, anggur merah (red wine) dan beberapa buah-buahan dan sayur-sayuran. Flavanoids dalam dark chocolate ini bermanfaat pada sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Peneilitian yang terbaru menunjukkan bahwa 6 gram dark chocolate sehari (kira-kira sebongkah kecil) dapat menurunkan tekanan sistolik dan diastolik darah 2 angka masing-masing. Efek penurunan LDL (kolesterol jahat) juga dapat ditemui sampai mencapai 5 angka (gr/dl). Flavanoids juga mempunyai efek positif terhadap fingsi lapisan dinding pembuluh darah.
  • Polifenol yang meningkatkan nitric oxide (NO) pada dinding pembuluh darah. NO  penting untuk regulasi tekanan darah, dan meningkatkan tingkat energi. Peneliti di German menemukan bahwa konsumsi 6,3 gram dark chocolate (30 kalori) setiap hari selama 18 minggu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar S-nitrosoglutathione (salah satu marka kesehatan pembuluh darah). Selain itu studi dari Journal American Medical Association, 2007 yang meneliti pria dan wanita pada usia 56 sampai 78 tahun dengan tingkat tekanan darah yang sedikit tinggi. Makan sedikit dark chocolate setiap hari akan meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tanpa menyebabkan peningkatan berat badan. 
  • Cokelat juga mengandung beberapa Vitamin dan Mineral yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D,vitamin E, zat besi, kalium dan kalsium, dan sumber magnesium alami tertinggi. Jika seseorang kekurangan magnesium, dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, diabetes, sakit persendian dan masalah bulanan wanita yaitu pra menstruasi. Dengan makan cokelat akan menambah magnesium dalam asupan gizi harian yang menyebabkan meningkatnya kadar progesteron pada wanita. Hal ini mengurangi efek negatif dari pra menstruasi.
  • Manfaat lain dari cokelat adalah untuk kecantikan, karena antioksidan dan Katekin yang ada di dalamnya dapat mencegah penuaan dini (termasuk mencegah kerutan pada wajah), maka tidak heran bila saat ini berkembang lulur cokelat yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Kandungan yang terdapat dalam coklat memiliki banyak manfaat bagi kulit, misalnya berfungsi untuk menjaga kelembutan, melembabkan, mengencangkan dan memperhalus kulit.
  • Cokelat mengandung Alkaloids seperti theobromine dan phenethylamine yang secara psikologis memberi efek rileks pada tubuh, menurunkan kadar hormon stress cortisol juga 'fight or flight' hormon yang dikenal sebagai catecholamine pada orang yang terkena stres berat.
Banyak jenis cokelat yang tersedia di pasaran. Ada yang harganya mahal, ada pula yang harganya murah. Apa saja perbedaannya? Berikut ini perbandingan jenis cokelat dan manfaat masing-masing.


Dark Chocolate
Dark Chocolate memiliki kandungan kakao yang paling tinggi yaitu paling sedikit 70% mengandung kakao. Dark chocolate memiliki kandungan kakao terbanyak, tanpa banyak gula dan tanpa lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO).
White Chocolate
Sedangkan white chocolate hanya memiliki 33% kandungan kakao, sisanya adalah gula, susu dan vanila. Kandungan gula inilah yang dapat memberikan efek negatif, seperti kerusakan gigi dan penyakit diabetes.

Milk Chocolate
Milk chocolate atau cokelat susu merupakan campuran kakao dengan susu dan ditambah gula. Cokelat jenis ini juga sangat digemari karena rasanya yang nikmat. 

Kesalahan yang sering dilakukan pada saat memilih cokelat adalah memilih cokelat ‘bermerk’ yang murah atau sangat murah. Cokelat demikian memiliki kandungan kakao sedikit yaitu rata-rata kurang dari 20%, bahkan ada yang kurang dari 7%. Cokelat jenis ini juga memiliki kandungan gula yang tinggi, kandungan lemak jenuh tinggi dan keburukan lainnya seperti minyak sayur terhidrogenasi (HVO) sehingga mengakibatkan kerusakan gigi dan gangguan kesehatan seperti penyakit diabetes.

Produk cokelat lainnya yang juga berbahaya dan buruk untuk kesehatan khususnya yang berupa fondant (biasanya digunakan untuk mendekorasi kue). Fondant sebenarnya mengandung 100% pemanis. Tetapi Anda akan merasakan manfaat jika Anda mengkonsumsi cokelat dengan kandungan kakao yang tinggi.


Selamat menikmati coklat ... Selamat menikmati aneka Puding Coklat D'licious yang Selalu Enak dan Sehat !